Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah akan mengangkat 4.153 bidan desa berstatus PTT yang belum diangkat, menjadi CPNS dalam waktu dekat.

Sahabat pembaca Info Bidan PTT, sudah tahukah anda bahwa Pemerintah akan mengangkat 4.153 bidan desa berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang belum diangkat, menjadi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam waktu dekat. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan rancangan Keputusan Presiden (Keppres) untuk mengangkat bidan desa tersebut sudah difinalisasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Saat ini rancangan beleid itu sedang dalam tahapan sinkronisasi di Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan. “Ini draftnya sudah jadi, Bu. Tenanan ki, kerjo beneran (Sungguh ini, kerja beneran),” ujar Moeldoko dalam keteranganya pada Senin, 5 Maret 2018.

Moeldoko mengatakan, Keppres untuk pengangkatan bidan desa pada prinsipnya sudah disetujui. KSP saat ini tengah mendesak pada menteri terkait untuk merealisasikannya.

Pemerintah sebelumnya telah mengangkat 37 ribu, dari total 47 ribu bidan desa berstatus PTT untuk mendapat status CPNS. Terdapat sisa 4.153 bidan desa PTT yang belum diangkat karena terkendala administrasi. Mereka berusia di atas 35 tahun, batas tertinggi usia yang bisa diangkat menjadi CPNS.

Ketua Forum Bidan Desa Indonesia Lilik Dian Eka Sari berharap Keppres pengangkatan untuk bidan desa itu bisa segera terbit. “Kami berharap yang empat ribu orang ini bisa segera terselesaikan statusnya, agar tak lagi dikejar-kejar pungutan liar setiap perpanjangan kontrak,” kata dia.

Lilik mengatakan kondisi bidan desa yang kerap bertugas di desa-desa terpencil juga menghadapi kendala. Mereka mengalami keterbatasan air bersih, listrik, dan infrastruktur. “Kami pula yang berada di garis depan melakukan sosialisasi pelaksanaan Kartu Indonesia Sehat di masyarakat,” ujar bidan asal Karawang, Jawa Barat itu.

Moeldoko memastikan pemerintah menghargai para bidan desa. Profesi ini sangat terkait dengan kemanusiaan karena memperjuangkan nyawa.

Ia pun meminta para bidan desa terus bersemangat menjalankan tugas. Dari sebagian tangan mereka akan lahir generasi hebat di masa datang. “Generasi yang memiliki daya saing, bagian dari sumber daya unggul, karenanya harus disiapkan gizi dan kesehatannya sejak dini,” ujarnya.

Berita ini bersumber dari Tempo.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar